Logo Bloomberg Technoz

4 Alasan Emiten Anthoni Salim META Pilih Go Private

Mis Fransiska Dewi
13 November 2023 07:10

Presiden Direktur dan CEO PT Indofood CBP Sukses Makmur, Anthoni Salim. (Yuriko Nakao/Bloomberg)
Presiden Direktur dan CEO PT Indofood CBP Sukses Makmur, Anthoni Salim. (Yuriko Nakao/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Nusantara Infrastructure Tbk (META), emiten milik Anthoni Salim, akan menjadi perusahaan tertutup atau go private.

Ada sejumlah alasan mengapa perusahaan memilih langkah tersebut. Salah satunya, ada potensi puasa dividen yang lebih lama.

Itu karena perusahaan tengah butuh modal yang tidak sedikit, sejalan dengan ekspansi yang tengah dilakukan. META sendiri sudah absen membagikan dividen sejak tahun buku 2018.

Berdasarkan informasi dari perusahaan, dikutip Senin (13/11/2023), berikut rincian alasan META melakukan go private.

  1. Setelah Penambahan Modal dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu atau Rights Issue di tahun 2010 dan
    2018, Perseroan tidak melakukan penggalangan dana (capital raising) dari pasar modal dan tidak ada rencana untuk melakukannya di masa depan.
  2. Kinerja keuangan per 30 Juni 2023 dan 30 September 2023 Perseroan merugi.
  3. Perseroan tidak memberikan dividen kepada pemegang sahamnya setelah tahun buku 2018.
  4. Terdapat rencana pengembangan di anak usaha sektor jalan tol yang membutuhkan pendanaan besar (capital intensive) dan karakteristik usaha tersebut membutuhkan periode yang lama untuk menghasilkan imbal balik investasi (return on investment) dan sebagai akibatnya dapat menambah jangka waktu lebih panjang lagi untuk dapat memberikan dividen kepada pemegang sahamnya.

Dengan rencana go private, pemegang saham akan memiliki kesempatan untuk menjual kepemilikan saham mereka dengan harga yang wajar dengan tetap mengacu pada ketentuan hukum yang berlaku.