Logo Bloomberg Technoz

Menteri ESDM Minta PLN Tak Hambat Pembangunan PLTS Atap di Daerah

Sultan Ibnu Affan
11 November 2023 09:00

Ilustrasi PLTS atap./Bloomberg-
Ilustrasi PLTS atap./Bloomberg-

Bloomberg Technoz, Jakarta – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif meminta PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN (Persero) untuk memudahkan pembangunan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atap di daerah-daerah Indonesia.

Permintaan itu menyusul kelanjutan revisi regulasi Peraturan Menteri (Permen) ESDM No 26/2021 yang mengatur pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atap on-grid alias terhubung jaringan.

"Kita minta supaya di daerah-daerah jangan ada hambatan [untuk bangun] PLTS atap," ujar Arifin saat ditemui di kantornya, Jumat (11/11/2023).

Adapun, substansi dalam revisi Permen tersebut yakni kapasitas PLTS atap maksimum 100%  daya terpasang berdasarkan sistem kuota yang sebelunya hanya sekitar 10%—15%.

Lalu, soal peniadaan ekspor kelebihan listrik, penghapusan biaya kapasitas untuk pelanggan industri (sebelumnya 5 jam), waktu pengajuan pemasangan PLTS atap yang dibatasi 2 kali dalam setahun, dan adanya ketentuan peralihan untuk pelanggan eksisting yang telah memasang PLTS atap sebelum revisi dikeluarkan.