Logo Bloomberg Technoz

Namun, kami tetap optimis bahwa dengan langkah-langkah strategis yang kami ambil saat ini, Bank KB Bukopin akan mencapai titik balik dan mulai menghasilkan laba pada tahun 2024-2025. Perbaikan kinerja saat ini sudah mulai terlihat dari penurunan Loan At Risk (LAR) yang signifikan. Melalui penerapan prinsip perbankan yang hati-hati dan penilaian risiko yang ketat, kami berupaya untuk meminimalkan risiko dan memastikan keberlanjutan bisnis. Strategi ini diperkuat dengan fokus pada pengelolaan biaya dana yang efisien dan efisiensi operasional yang telah menurunkan rasio BOPO kami.

Selain itu, Kredit baru pun telah tumbuh 13,6%, menjadi Rp4,5 triliun pada September 2023. Total kredit yang disalurkan mencapai Rp44 triliun. Kami meningkatkan proporsi dana murah atau Current Account Savings Account (CASA) untuk memperbaiki struktur pendanaan dan menjaga biaya dana (Cost Of Fund/COF).

Kredit baru yang dikeluarkan sejak awal transformasi bank di tahun 2021 menunjukkan kinerja yang kuat, dengan NPL Net di bawah 0,5%. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas portofolio kredit kami melalui langkah-langkah restrukturisasi yang strategis dan pemantauan kinerja debitur secara proaktif. Selain itu, kami telah berhasil menjual aset non-produktif senilai Rp3,8 triliun pada semester pertama tahun 2023 sebagai bagian dari upaya berkelanjutan kami untuk meningkatkan kinerja bank.

Kedepan kami berkomitmen untuk meningkatkan profitabilitas dan kualitas aset Bank dengan berkonsentrasi pada pertumbuhan dana pihak ketiga, memperluas pencairan pinjaman baru dan pasar captive. Dengan memanfaatkan kolaborasi dengan induk kami KB Kookmin Bank dan afiliasi lainnya, kami secara aktif mencari prospek di ekosistem afiliasi Korea, karena kami yakin melalui pelayanan ke pasar khusus ini akan membuka peluang baru bagi Bank KB Bukopin.


Robby Mondong
Wakil Direktur Utama Bank KB Bukopin

(dba)

No more pages