Logo Bloomberg Technoz

Hak Jawab

Penjelasan Bank Bukopin Mengenai Kerugian di Kuartal III-2023

Donald Banjarnahor
10 November 2023 20:41

KB Bukopin. (Dok. KB Bukopin)
KB Bukopin. (Dok. KB Bukopin)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Manajemen PT Bank KB Bukopin Tbk memberikan hak jawab atas artikel Bloomberg Technoz yang berjudul Kinerja Makin Anjlok, Bank Bukopin Cetak Rugi Rp3,37.

Berikut hak jawab KB Bukopin secara utuh : 

Kerugian yang terjadi adalah bagian dari tantangan yang kami hadapi. Kerugian tersebut seiring dengan pembentukan Cadangan Kerugian Penurunan Nilai (CKPN) yang naik 35,6 % (yoy) pada kuartal III/2023 menjadi Rp 3,8 triliun, sebagai antisipasi penurunan kualitas kredit dampak akibat pandemi Covid-19. 

Peningkatan CKPN tersebut juga sebagai respon atas proyeksi perseroan akan adanya debitur restrukturisasi yang kemungkinan bisnisnya sulit untuk pulih kembali seperti sediakala. Bank KB Bukopin memproyeksikan peningkatan CKPN akan berada pada kisaran Rp 3.8 triliun sampai dengan Rp 4.4 triliun di Desember 2023. Menambah cadangan CKPN merupakan bentuk kehati-hatian bank dalam mengantisipasi risiko kredit di masa mendatang.

Selain itu kami saat ini tengah melakukan transformasi digital. Dalam proses transformasi tersebut, perusahaan membutuhkan peningkatan biaya modal atau capital expenditure yang besar untuk berinvestasi pada pemanfaatan dan pengembangan teknologi dan sumber daya manusia yang memang memerlukan komitmen jangka panjang.