Logo Bloomberg Technoz

PLN Implementasi ESG melalui Diversity, Equity and Inclusion


Dok: PLN
Dok: PLN

Jakarta - PT PLN (Persero) terus mendorong lingkungan kerja yang dinamis melalui pendekatan keanekaragaman, kesetaraan, dan inklusi atau diversity, equity, and inclusion (DEI) untuk menyongsong transisi energi di Indonesia.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Keuangan PLN Sinthya Roesly pada sesi diskusi the 4th Indonesia Human Capital Summit 2023 yang diselenggarakan FHCI dengan tema Nurturing a Culture of Diversity-Equity-Inclussionand Long Term Empowerment di Hotel Ritz Carlton, Pacific Place Jakarta, Selasa (7/11).

"Untuk memastikan prinsip DEI terimplementasi, diperlukan komitmen manajemen, dukungan kebijakan, pemetaan program inisiatif pendukung termasuk memastikan akuntabilitas organisasi serta cadence monitoring rutin dan sustainability report. Bahkan kami di PLN sudah melakukan pengembangan secara sistematis untuk perbaikan berkelanjutan," kata Sinthya.

Sinthya menambahkan bahwa manajemen PLN di bawah kepemimpinan Direktur Utama Darmawan Prasodjo sangat komit terhadap DEI, yang ditandai dengan dukungan dalam bentuk kebijakan di Perusahaan misalnya kebijakan Human Experience Management System, Pengarusutamaan Gender, ketersediaan infrastruktur, rekrutmen pegawai khusus disabilitas serta program afirmasi Papua, Maluku dan Nusa Tenggara.

"Saat ini PLN Corporate University tengah menyiapkan Gender Academy yang akan dirilis dalam waktu dekat, serta disusul dengan Sustainability Academy yang akan meng-address aspek DEI," ungkap Sinthya.