Logo Bloomberg Technoz

Menteri ESDM: RI Pengendali Vale, Beda Nasib dari Freeport

Sultan Ibnu Affan
10 November 2023 14:01

Perusahaan Brasileiro SA dan Vale SA di Brasil (Bloomberg/Dado Galdieri)
Perusahaan Brasileiro SA dan Vale SA di Brasil (Bloomberg/Dado Galdieri)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengisyaratkan Vale Canada Limited (VCL) sudah setuju PT Mineral Industri Indonesia (MIND ID) menjadi pemegang saham pengendali PT Vale Indonesia Tbk (INCO).

“Kan sudah mau joint management. Iya, [VCL sudah sepakat], tinggal nanti dioptimalkan saja,” tegasnya saat ditanya soal respons Vale Canada ihwal posisi MIND ID sebagai pengendali pascadivestasi saham INCO sebesar 14%, Jumat (10/11/2023).

Dengan demikian, dia menegaskan nasib penguasaan saham Pemerintah Indonesia di Vale tidak akan berakhir seperti di PT Freeport Indonesia (PTFI), di mana RI hanya menjadi pemegang saham mayoritas sebesar 51,2%, tetapi tidak menjadi pengendali.

“[Waktu dengan Freeport] itu kan operasional, sekarang [dengan Vale] kan ada kemajuan. Manajemennya itu bersama-sama, tetapi keputusan akhir itu oleh komisaris. Komisarisnya siapa tadi? [MIND ID], iya,” ujarnya.

Arifin hari ini juga mengumumkan divestasi saham INCO telah rampung, dengan keputusan akhir tambahan akuisisi saham oleh MIND ID sebesar 14%. Dengan demikian, MIND ID selaku perwakilan Pemerintah Indonesia resmi menjadi pemegang saham terbanyak INCO.