Logo Bloomberg Technoz

Kejar Tenggat, DPR Isyaratkan Setuju Agus Subiyanto jadi Panglima

Fransisco Rosarians Enga Geken
10 November 2023 12:40

Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letnan Jenderal TNI Agus Subiyanto. (Dok. Dispenad)
Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letnan Jenderal TNI Agus Subiyanto. (Dok. Dispenad)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Lodewijk F Paulus memastikan Sidang Paripurna tentang persetujuan Panglima TNI baru akan digelar Selasa (21/11/2023). Padahal, Komisi I DPR belum memulai uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test terhadap KSAD Jenderal Agus Subiyanto.

"Kita sepakati kalau sudah selesai dan tuntas(Fit and Proper tes), pengambilan keputusan tingkat II itu pada tanggal 21 November nanti," ujar Politikus Partai Golkar tersebut seperti dikutp dari Laman DPR, Jumat (10/11/2023).

DPR memang sudah menerima surat Presiden Joko Widodo (Jokowi) tentang nama tunggal pengganti Laksamana Yudo Margono melalui Menteri Sekretaris Negara, Pratikno awal November lalu. Rencananya, Komisi I baru akan menggelar uji kelayakan terhadap Agus, pekan depan (14/11/2023).

Lodewijk membenarkan, DPR tengah mengejar tenggat karena Yudo Margono akan memasuki usia pensiun atau 58 tahun pada 26 November 2023. Usai persetujuan DPR, Presiden Jokowi bisa segera melantik Agus sebagai Panglima TNI baru dan melakukan upacara serah terima jabatan sebelum hari pensiun Yudo. 

Sesuai aturan, kata dia, Yudo sebenarnya bisa saja menjabat Panglima TNI menghabiskan masa tugasnya hingga akhir bulan atau 1 Desember 2023. Akan tetapi, hal ini akan menjadi persoalan dan polemik karena memunculkan anggapan lembaga TNI dipimpin seorang pensiunan tentara sejak 26 November 2023.