Logo Bloomberg Technoz

Jelang Kampanye, Jatah Cuti Menteri di Tangan Jokowi

Pramesti Regita Cindy
10 November 2023 11:00

Presiden Jokowi, Menhan Prabowo Subianto, dan Menlu Retno Marsudi (Sumber: dok. Prabowo)
Presiden Jokowi, Menhan Prabowo Subianto, dan Menlu Retno Marsudi (Sumber: dok. Prabowo)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju akan mulai menghabiskan banyak waktu dalam kegiatan kampanye Pemilu 2024. Sesuai aturan, mereka bisa menjalankan kampanye sesuai dengan izin cuti yang diberikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Masa Kampanye Pemilu sendiri akan mulai berlangsung pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Jika terus kampanye, sejumlah kementerian akan kehilangan pimpinan dan penentu kebijakannya selama nyaris tiga bulan.

"Tadi kami tanyakan kepada KPU, ternyata cuti itu tergantung presiden. Mau cuti sehari atau cuti seminggu," kata Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan di Kantor DPP Golkar, Kamis (9/11/2023).

Zulkifli sendiri adalah Ketua Umum Partai Amanat Nasional yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju, pengusung Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Pada koalisi ini juga ada Wamen Perdagangan Jerry Sambuaga yang artinya seluruh pucuk pimpinan Kementerian Perdagangan tak akan fokus selama masa kampanye.

Prabowo sendiri juga anggota kabinet Jokowi yang mengampu Menteri Pertahanan. Koalisi ini juga berisi Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto; Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita; dan Menteri Pemuda dan Olah Raga Dito Ariotedjo. Selain itu, Wamen Ketenagakerjaan Afriansyah Noor ; dan Wamen Agraria dan Tata Ruang Raja Juli Antoni.