Logo Bloomberg Technoz

Israel Serang Taliza'tar, RS Indonesia Kembali Alami Kerusakan

Ezra Sihite
10 November 2023 09:20

Kerusakan di Gaza akibat konflik Israel - Hamas. (Dok: Bloomberg)
Kerusakan di Gaza akibat konflik Israel - Hamas. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Luar Negeri mengkonfirmasi adanya serangan roket dari Tentara Israel ke kawasan dekat Rumah Sakit Indonesia di Gaza, Palestina. Gempuran belasan roket ke kawasan Taliza'tar tersebut turut menimbulkan tambahan kerusakan fisik pada RS Indonesia.

"Sasaran roket adalah daerah Taliza'tar yang lokasinya sangat dekat RSI, sehingga RSI mengalami sejumlah kerusakan fisik tambahan," kata juru bicara Kemenlu, Lalu Muhammad Iqbal melalui pesan singkat, Jumat (10/11/2023).

RS Indonesia memang berulang kali terdampak perang Israel dan Kelompok Hamas di Jalur Gaza sejak awal November lalu. Belakangan, Israel bahkan berniat menyerang RS Indonesia karena dituding menjadi tempat perlindungan dan base camp militan Hamas.

"Indonesia sekali lagi mengutuk serangan-serangan biadab terhadap warga dan obyek sipil, khususnya fasilitas-fasilitas  kemanusiaan di Gaza," kata Iqbal.

RS Indonesia sendiri adalah fasilitas kesehatan yang dibangun dengan dana 100% warga negara Indonesia. Rumah sakit ini dibangun di atas tanah seluas 16.261 meter persegi yang merupakan wakaf dari Pemerintah Palestina di Bayt Lahiya, Gaza Utara.