Logo Bloomberg Technoz

Pada perdagangan regional Asia, bursa saham diproyeksikan akan bergerak melemah, berdasarkan data sementara ini indeks Straits Times Singapore terkoreksi 0,20%. Senada, dengan indeks utama Dow Jones yang ditutup terkoreksi semalam, dengan mencatatkan penurunan 84 poin dengan minus 0,26%.

Saham perusahaan Intel Corp. jadi salah satu pemberat indeks, disusul oleh terkoreksinya saham Walmart Inc., dan saham perusahaan 3M yang masing-masing mencatatkan -2,10% dan -3,31%.

Mengutip dari Bloomberg News, hasil risalah pertemuan Federal Reserve (The Fed) kembali mendatangkan tekanan kepada para pelaku pasar. The Fed menegaskan pandangan bank sentral yang hawkish. Hal ini mendorong investor untuk meningkatkan spekulasi kenaikan suku bunga akan terus berlanjut. Bahkan, beberapa pejabat membuka peluang terhadap kenaikan suku bunga 50 basis poin (bps) dalam pertemuan bank sentral awal bulan ini.

Bank of Korea (BoK) memutuskan untuk mempertahankan suku bunganya di level 3,5% pada Kamis (23/2/2023). Kebijakan ini sebagai langkah untuk menghindari risiko ekonomi di Korea Selatan, mulai dari penurunan ekspor hingga melemahnya konsumsi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengusung Perry Warjiyo sebagai calon tunggal Gubernur Bank Indonesia (BI). Kabari ini disampaikan Said Abdullah, Ketua Badan Anggaran DPR, yang berasal dari Fraksi PDI-Perjuangan. Perry Warjiyo yang akan melanjutkan jabatannya untuk periode kedua memiliki sejumlah tantangan, diantaranya gelaran pemilu legislatif dan presiden tahun depan. Perry Warjiyo akan bekerja dengan presiden baru, dengan ide-ide dan visi-misi baru, usai Jokowi dipastikan tidak bisa maju kembali. Situasi global dan domestik akan memberikan tantangan untuk arah kebijakan moneter di masa mendatang.

(fad/wep)

No more pages