Logo Bloomberg Technoz

Kominfo: Merger XL-FREN Bisa Kerek Kecepatan Internet RI 

Sultan Ibnu Affan
09 November 2023 19:10

Ilustrasi jaringan XL. (Dok. XL)
Ilustrasi jaringan XL. (Dok. XL)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) menilai rencana proses merger dua perusahaan telekomunikasi, yakni PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) dan PT XL Axiata Tbk (EXCL) secara tidak langsung dapat mempercepat terwujudnya internet cepat di Indonesia.

“Dengan mereka konsolidasi, frekuensi [kecepatan internet] bisa semakin lebar," ujar Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (Dirjen PPI) Wayan Toni Supriyanto di sela Public Discussion Forum '5G Is Now' di Jakarta, Kamis (9/11/2023).

Selain itu, Wayan mengatakan rencana konsolidasi kedua perusahaan juga dapat membuat nilai investasi jaringan 5G, menjadi semakin murah.  Investasi koneksi tercanggih itu memang tergolong minim. Sekadar catatan, berdasarkan laporan Opensignal per Juni 2023, ketersediaan jaringan 5G di Indonesia masih menjadi yang terendah di dunia. Hanya sebanyak 0,9% atau menempati posisi 98 dari 140 negara yang telah menggunakan 5G.

Sebagai gambaran, satu dekade lalu Indonesia memiliki banyak operator selular. Hal ini berimbas industri menjadi tidak efisien karena spektrum frekuensi terbagi ke banyak operator. Dorongan konsolidasi, termasuk lewat merger-akuisisi, diharapkan pemanfaatan frekuensi jadi lebih ideal.

Semakin kecil sprektrum, kualitas layanan operator selular berpeluang menurun. Maka dengan jumlah operator lebih sedikit diharapkan kualitas layanan kepada pelanggan meningkat.