Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Minta Pembangunan Tol IKN Tak Rusak Lingkungan

23 February 2023 10:30

Konfrensi Pers Joko Widodo (Jokowi) mengenai penegakan hukum di Indonesia. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)
Konfrensi Pers Joko Widodo (Jokowi) mengenai penegakan hukum di Indonesia. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta pembangunan proyek infrastruktur jalan tol yang menghubungkan Kota Balikpapan menuju Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara tak merusak lingkungan. Hal ini disampaikan saat dia meninjau proyek jalan tol IKN pada Segmen 3B, Ruas KKT Kariangau–Sp. Tempadung. 

“Yang ingin kita hadirkan di Ibu Kota Nusantara adalah konsep lingkungan. Sehingga sekecil apapun yang berkaitan dengan lingkungan itu harus diperhatikan,” kata Jokowi seperti dilansir Sekretariat Presiden, Rabu (22/2/2023).

Selain ekosistem alam, Jokowi juga meminta pembangunan IKN memperhatikan hak masyarakat lokal atau setempat. Dia meminta seluruh proses pembebasan lahan jangan sampai menimbulkan kerugian pada masyarakat. 

Hingga saat ini, kata Jokowi, pemerintah berhasil bernegosiasi dengan masyarakat setempat soal pembebasan lahan. "Sudah diinfo oleh Pak Menteri PU enggak ada masalah. Tinggal bayar bulan Maret minggu depan,” ujar dia.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono juga mengklaim telah meminta para kontraktor memperhatikan kondisi lingkungan. Dia mengatakan, IKN memiliki konsep kota hutan dan kota pintar (smart forest city).