Logo Bloomberg Technoz

Data inflasi ini "akan memberikan tekanan lebih pada Bank Sentral China (People's Bank of China/PBOC) untuk melonggarkan kebijakan lebih lanjut," kata David Qu, seorang ekonom Bloomberg Intelligence.

"Hal ini memperkuat pandangan kami bahwa PBOC akan memangkas suku bunga satu tahun sebesar 10 basis poin minggu depan, dan memangkas rasio cadangan wajib sebesar 25 bps menjelang akhir tahun."

Grafik CPI dan PPI China. (Sumber: Bloomberg)

Di tempat lain, dolar melemah terhadap sebagian besar mata uang utama.

Obligasi Australia dan Selandia Baru naik, mencerminkan pergerakan Treasury pada Rabu yang bertahan hingga sesi pagi Asia. Imbal hasil obligasi 10 tahun AS turun delapan basis poin menjadi di bawah 4,5% pada hari Rabu setelah lelang senilai US$40 miliar.

Meskipun data yang bercampur, yang mencakup tingkat yang sedikit lebih tinggi dari yang diperkirakan sebesar 4,519%, menandakan permintaan yang lebih lemah dari perkiraan. Imbal hasil obligasi 30 tahun mencapai level terendah dalam lebih dari sebulan.

Ketenangan ini didorong oleh para swap trader yang memperkirakan hampir tidak ada peluang keanikan suku bunga di bulan Desember, dan tidak ada kenaikan lebih lanjut tahun depan. Proyeksi-proyeksi tersebut muncul sebelum komentar dari para gubernur bank sentral AS. 
Gubernur Federal Reserve Atlanta, Raphael Bostic, dan rekannya dari Richmond, Tom Barkin, juga dijadwalkan untuk berbicara pada hari Kamis. Demikian pula dengan kepala ekonom Bank of England, Huw Pill.

Di pasar komoditas, minyak Brent diperdagangkan sekitar US$80 per barel setelah turun tajam pada hari Rabu. Sementara West Texas Intermediate, patokan AS, naik sedikit menjadi sekitar US$76, mendekati level terendah dalam tiga bulan.

Laporan keuangan perusahaan juga menjadi faktor penopang saham AS. Lebih dari empat dari lima perusahaan dalam S&P 500 yang melaporkan kinerjanya telah melampaui perkiraan. Beberapa perusahaan yang melampaui perkiraan laba termasuk Walt Disney Co, yang melaporkan hasil pada Rabu malam. Perusahaan penyedia layanan penyewaan kendaraan Lyft Inc. dan Instacart juga melaporkan hasil yang melebihi ekspektasi.

Kembali ke Asia, ekonomi Filipina tumbuh lebih cepat dari yang diperkirakan pada kuartal ketiga. Pertumbuhan tersebut berkat dorongan dari belanja pemerintah yang membuat negara ini kembali pada jalur untuk mencatatkan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara tahun ini.

Beberapa pergerakan utama di pasar:

Saham
- Kontrak berjangka S&P 500 sedikit berubah pada pukul 11:50 waktu Tokyo. S&P 500 naik 0,1%
- Nasdaq 100 berjangka turun 0,1%. Nasdaq 100 turun 0,1%
- Topix Jepang naik 0,5%
- S&P/ASX 200 Australia naik 0,5%
- Hang Seng Hong Kong turun 0,4%
- Shanghai Composite sedikit berubah
- Kontrak berjangka Euro Stoxx 50 tidak berubah

Mata uang
- Bloomberg Dollar Spot Index sedikit berubah
- Euro sedikit berubah pada $1,0711
- Yen Jepang sedikit berubah pada 150,92 per dolar
- Yuan offshore sedikit berubah pada 7,2850 per dolar

Mata uang kripto
- Bitcoin naik 2% menjadi $36,310.63
- Eter naik 1,5% menjadi $1,915.09

Obligasi
- Imbal hasil Treasury 10-tahun turun dua basis poin menjadi 4,48%
- Imbal hasil 10-tahun Australia turun tujuh basis poin menjadi 4,52%

Komoditas
- Minyak mentah West Texas Intermediate naik 0,4% menjadi $75,62 per barel
- Emas spot sedikit berubah

Berita ini diproduksi dengan bantuan Bloomberg Automation.

(bbn)

No more pages