Logo Bloomberg Technoz

The Fed Peringatkan Dampak Konflik Geopolitik pada Pasar Global

News
09 November 2023 09:10

Gubernur Bank Sentral AS Lisa Cook. (Sumber: Bloomberg)
Gubernur Bank Sentral AS Lisa Cook. (Sumber: Bloomberg)

Kate Davidson - Bloomberg News

Bloomberg, Gubernur Bank Sentral Amerika Serikat (AS) atau Federal Reserve (The Fed) Lisa Cook mengatakan memburuknya ketegangan geopolitik, termasuk yang melibatkan Rusia, Timur Tengah, dan Cina, dapat memicu dampak negatif yang meluas pada pasar global. Termasuk inflasi yang lebih tinggi.

"Perang Rusia yang sedang berlangsung melawan Ukraina terus membebani banyak perekonomian dalam berbagai cara, termasuk gangguan berkelanjutan pada perdagangan regional dalam bidang pangan, energi, dan komoditas lainnya," kata Cook pada hari Rabu dalam sambutan yang disiapkan pada Konferensi Sistem Keuangan Bank Sentral Irlandia di Dublin.

"Konflik di Timur Tengah dapat menimbulkan risiko lebih lanjut terhadap pasar energi dan keuangan, serta memburuknya tantangan kemanusiaan dan migrasi global," tambahnya.

Meningkatnya konflik dapat membebani aktivitas ekonomi dan perdagangan, meningkatkan pembiayaan dan produksi, serta berkontribusi pada tantangan rantai pasokan dan tekanan inflasi yang berkelanjutan.