Logo Bloomberg Technoz

Rupiah Masih akan Melemah Hari Ini Dekati Zona Rp15.700-an

Muhammad Julian Fadli
09 November 2023 07:42

Ilustrasi Rupiah. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi Rupiah. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Rupiah hari ini kemungkinan masih akan menghadapi risiko pelemahan lebih lanjut setelah kemarin ditutup lunglai di tengah pamor dolar Amerika Serikat (AS) yang kembali perkasa.

Indeks dolar AS kemarin ditutup menguat tipis, menggenapi tiga hari penguatan berturut-turut, melemahkan valuta yang menjadi lawannya, termasuk rupiah dan mata uang Asia lain.

Namun, ruang pelemahan rupiah hari ini mungkin relatif terbatas di kisaran Rp15.685-Rp15.710/US$ dari kacamata teknikal.

Di pasar Non-Deliverable Forward (NDF) pagi ini, nilai rupiah bergerak di kisaran Rp15.636-Rp15.643/US$, lebih rendah dibandingkan level penutupan di pasar spot kemarin di Rp15.650/US$. Sementara kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) kemarin juga ditutup melemah di kisaran lebih kuat di Rp15.629/US$.

Pidato Jerome Powell, Chairman Federal Reserve, bank sentral AS, kemarin tidak menyinggung sedikitpun tentang arah bunga acuan. Powell dijadwalkan akan berpidato di IMF Conference pada hari Jumat malam waktu Amerika Serikat.