Logo Bloomberg Technoz

The Fed Beri Sinyal Kenaikan Suku Bunga Lagi Demi Redakan Inflasi

News
09 November 2023 07:00

Anggota Dewan Gubernur Federal Reserve (the Fed) Michelle Bowman. (Dok. Bloomberg)
Anggota Dewan Gubernur Federal Reserve (the Fed) Michelle Bowman. (Dok. Bloomberg)

Rich Miller - Bloomberg News

Bloomberg, Gubernur Bank Sentral Amerika Serikat (AS) atau Federal Reserve (The Fed) Michelle Bowman mengatakan dia masih terus berpikir bank sentral akan perlu menaikkan suku bunga lebih tinggi guna mengendalikan inflasi. Namun, dia juga mengatakan lonjakan imbal hasil Treasury sejak September telah menyebabkan kondisi keuangan lebih ketat.

"Saya terus memperkirakan kami akan perlu meningkatkan suku bunga dana federal lebih lanjut untuk menurunkan inflasi ke target 2% dengan cepat" kata Bowman dalam pidato yang telah disiapkan pada hari Selasa, di sebuah acara yang diselenggarakan oleh Ohio Bankers League.

Bowman mengatakan tingkat dana federal, yang dipertahankan oleh para pembuat kebijakan dalam kisaran 5,25% dan 5,5% pada pertemuan mereka pekan lalu, "terlihat restriktif. Kondisi keuangan telah menjadi lebih ketat sejak September."

Bowman mengatakan bahwa beberapa pengetatan terjadi karena lonjakan imbal hasil Treasury jangka panjang baru-baru ini, yang bisa menjadi sangat fluktuatif seiring berjalannya waktu. Menurutnya, masih terlalu dini bagi para pembuat kebijakan untuk mengetahui dampak kondisi keuangan yang lebih ketat terhadap perekonomian dan inflasi.