Logo Bloomberg Technoz

Yuan naik sebanyak 0,2% setelah komentar Pan. Yuan mengurangi kenaikan dan diperdagangkan datar pada 7,2777 per dolar pada pukul 2:58 sore di Shanghai.

China telah berusaha untuk meredakan risiko dari tumpukan besar utang pemerintah daerah, tanpa harus melakukan bailout besar-besaran. Ini merupakan tugas yang sulit bagi pemerintah Presiden Xi Jinping karena menghadapi pemulihan ekonomi yang rapuh dan terhambat oleh perlambatan properti.

Pada pertemuan kebijakan dua kali dalam satu dekade yang baru-baru ini dihadiri oleh Xi Jinping, China berjanji untuk membentuk mekanisme jangka panjang untuk menyelesaikan risiko utang yang terkait dengan otoritas lokal, dan memberi sinyal kesediaan untuk memperluas pinjaman pemerintah pusat.

Beijing selama setahun terakhir telah meminta bank-bank terbesar di negara itu untuk mengambil sebagian tanggung jawab dengan memberikan dukungan kepada pengembang yang bermasalah, serta entitas keuangan pemerintah daerah (Local Government Financing Vehicles/LGFV), yang memiliki tumpukan utang senilai US$9 triliun. Memenuhi tugas-tugas ini kemungkinan akan merugikan margin keuntungan mereka.

Utang pemerintah China. (Sumber: Bloomberg)

S&P Global Ratings memperingatkan bulan lalu dalam catatan penelitian, bank-bank regional China dapat menanggung kerugian modal sebesar 2,2 triliun yuan dari utang LGFV mereka. Dalam "skenario penurunan," sekitar seperlima dari pemberi pinjaman regional bisa turun di bawah rasio kecukupan modal peraturan minimum 8% dan membutuhkan rekapitalisasi.

Fitch Ratings Inc mengatakan dalam sebuah laporan bulan lalu, pemerintah daerah dapat meminta perusahaan manajemen aset lokal untuk membantu mengakuisisi kredit macet, tetapi mereka yang memiliki sumber daya keuangan yang lebih sedikit akan menghadapi tantangan yang semakin besar untuk mengendalikan risiko tersebut.

Pemerintah dapat menggunakan "pendekatan yang lebih tidak konvensional" untuk menangani tekanan yang dihadapi bank atas kualitas aset, tambahnya.

Pan juga berjanji untuk memenuhi kebutuhan pendanaan semua jenis pengembang, terlepas dari apakah mereka perusahaan swasta atau milik negara. Dampak limpahan pada sistem keuangan dari koreksi pasar real estat umumnya masih dapat dikendalikan.

(bbn)

No more pages