Logo Bloomberg Technoz

Jaga Ekonomi, China Beri Dana Darurat ke Pemda Berutang Besar

News
08 November 2023 17:15

Gedung People's Bank of China (PBOC) di Beijing. (Sumber: Bloomberg)
Gedung People's Bank of China (PBOC) di Beijing. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Gubernur Bank Sentral China atau People’s Bank of China (PBOC) Pan Gongsheng mengatakan China akan memberikan dana darurat kepada pemerintah daerah (pemda) yang memiliki utang besar jika diperlukan. Komentar tersebut menggarisbawahi pentingnya upaya pihak berwenang dalam mengatasi masalah ini.

"Jika diperlukan, PBOC akan memberikan dukungan likuiditas darurat ke daerah-daerah dengan beban utang yang relatif besar," ungkap Pan dalam pidatonya di Financial Street Forum yang digelar di Beijing pada Rabu.

Pan mengatakan dalam transkrip pidato di situs web PBOC, regulator di sektor keuangan telah bekerja sama dengan otoritas lain untuk mengatasi risiko utang di tingkat daerah tahun ini. Ia menambahkan, tingkat utang pemerintah berada pada level menengah hingga rendah jika dibandingkan dengan negara lain.

Pan juga mengatakan bahwa beberapa provinsi di mana bank-bank yang lebih kecil menghadapi risiko keuangan yang lebih tinggi, sedang menyusun rencana untuk menyelesaikan masalah tersebut. Mereka akan menggunakan berbagai saluran untuk menambah modal bagi bank.