Logo Bloomberg Technoz

Pertemuan Bilateral Menlu RI-Menlu China, Ini 4 Poin Pentingnya

Ezra Sihite
22 February 2023 21:42

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi bertemu dengan Menteri Luar Negeri dari China Wang Yi. (dok. Kemlu)
Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi bertemu dengan Menteri Luar Negeri dari China Wang Yi. (dok. Kemlu)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi melakukan pertemuan dengan Menlu China Qin Gang. Menlu Retno mengatakan, dia memimpin Joint Commission for Bilateral Cooperation (JCBC) ke-4 Indonesia-China. Ada 4 poin besar yang dibahas dalam JCBC tersebut.

Pertama, pentingnya penguatan kerja sama perdagangan. China adalah mitra dagang terbesar Indonesia namun kini perdagangan dua negara sudah semakin seimbang. Lalu yang kedua, penguatan kerja sama investasi.

"Tahun lalu RRT (China) menjadi investor ke-2 terbesar di Indonesia. Di kuartal terakhir tahun lalu, RRT bahkan menjadi investor nomor 1 Indonesia," kata Menlu Retno Marsudi dalam keterangan pers bersama Menlu Qin Gang di Jakarta, Rabu (22/2/2023).

Menlu Retno Marsudi. (tangkapan layar via zoom)

Ketiga, pembahasan tentang kerja sama kesehatan. Dalam hal ini kata dia, Indonesia melihat pentingnya penguatan kerja sama penelitian dan pengembangan vaksin dan genomika. Kemudian penguatan kapasitas produksi bahan baku obat. Lalu implementasi kerja sama sister hospital dan pembangunan herbal center di Indonesia. 

Kuartal terakhir tahun lalu, RRT bahkan menjadi investor nomor 1 Indonesia

Retno Marsudi

Keempat yaitu kerja sama connectivity and people-to-people contacts.