Logo Bloomberg Technoz

Inggris Salip India sebagai Pasar Saham Terbesar Ke-6 Dunia

News
22 February 2023 21:15

Suasana perkotaan dekat stasiun kereta London Bridge di London, Inggris, pada Sabtu, 26 November 2022. (Chris J. Ratcliffe/Bloomberg)
Suasana perkotaan dekat stasiun kereta London Bridge di London, Inggris, pada Sabtu, 26 November 2022. (Chris J. Ratcliffe/Bloomberg)

Sagarika Jaisinghani - Bloomberg News

Bloomberg, Inggris telah melampaui India sebagai pasar ekuitas terbesar keenam di dunia untuk pertama kalinya dalam hampir sembilan bulan ini.

Hal ini terjadi menyusul pelemahan poundsterling yang mendorong daya tarik perdagangan di London dan gonjang-ganjing pasar saham Mumbai akibat kasus Adani Group.

Market cap di Inggris, tidak termasuk ETF dan ADR, mencapai sekitar US$ 3,11 triliun pada Selasa (21/02/2023), sekitar US$ 5,1 miliar lebih tinggi dari ekuivalennya di India, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg. Fenomena ini tidak terjadi sejak 29 Mei 2022.

Perbandingan market cap saham Inggris dan India (Sumber: Bloomberg)

James Athey, direktur investasi di Abrdn, mengatakan investor "melihat peluang nilai yang dalam di Inggris" menyusul penurunan poundsterling dan dengan kebijakan pemerintah yang "kurang eksperimental." Selain itu, susunan saham keuangan, komoditas, dan defensif FTSE 100 adalah "kombinasi yang hampir sempurna untuk saat ini," katanya.