Logo Bloomberg Technoz

“Israel untuk jangka waktu yang tidak terbatas akan memikul tanggung jawab keamanan secara keseluruhan,” kata Netanyahu dalam kutipan wawancara dengan ABC News yang disiarkan Senin malam.

“Ketika kita tidak melakukannya, yang kita hadapi adalah meletusnya teror Hamas dalam skala yang tidak dapat kita bayangkan.”

Serangan Israel kini memasuki bulan kedua, yang bertujuan untuk menghancurkan Hamas setelah kelompok militan Palestina itu menyerbu ke Israel selatan pada 7 Oktober, yang menewaskan 1.400 orang dan menculik lebih dari 240 sandera.

Di sisi lain, serangan Israel telah menewaskan sekitar 10.000 warga Palestina, menurut kementerian kesehatan yang dikelola Hamas.

Sementara itu, fasilitas kesehatan di Gaza masih dalam keadaan kritis. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memperingatkan bahwa dibutuhkan lebih banyak perlengkapan bersalin, bahan bakar dan air di Gaza. PBB memperkirakan sekitar 180 perempuan melahirkan setiap harinya di wilayah itu.

Menurut perkiraan PBB, sekitar 50.000 perempuan hamil tinggal di wilayah tersebut. Adapun lebih dari 5.500 anak telah lahir sejak perang dimulai.

(bbn)

No more pages