Logo Bloomberg Technoz

Mentan Ungkap Rencana Bangun Pabrik Gula di Papua

Dovana Hasiana
08 November 2023 08:10

Pertani sedang membawa tebu ke pabrik gula. (Mercury Bloomberg)
Pertani sedang membawa tebu ke pabrik gula. (Mercury Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengungkapkan rencana pemerintah untuk membangun pabrik gula dengan luas 1-2 juta hektar (Ha) di Papua. Namun, untuk sementara waktu pabrik tersebut akan dibangun pada lahan seluas 200 ribu Ha. 

Menurut keterangan Amran, rencana ini merupakan disampaikan oleh Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo kepada dirinya saat melakukan pertemuan di Kantor Kementan pada Rabu (8/11/2023).  

“Tapi yang menarik hari ini adalah, beliau (Wamen BUMN Kartika Wirjoatmodjo), aku kaget, idenya luar biasa, membangun kawasan di Papua, rencana 1-2 juta hektare, tapi untuk sementara 200 ribu hektare, untuk membangun pabrik gula. Insya Allah gula kita jaya ke depan,” ujar Amran dikutip melalui video dari Humas Kementerian Pertanian, Selasa (7/11/2023).

Namun, Amran belum menjelaskan dengan lengkap perihal waktu pembangunan dari pabrik gula di Papua tersebut. 

Sebagai informasi, Pemerintah Indonesia memang tengah menggodok upaya untuk meningkatkan produksi gula dalam negeri agar bisa mencukupi kebutuhan. Sebab, Brazil sebagai negara importir gula terbesar bagi Indonesia telah menetapkan kebijakan pembatasan ekspor gula. Artinya, Indonesia tidak bisa lagi mengandalkan Brazil dan mulai kehilangan salah satu sumber untuk mengimpor gula.