Logo Bloomberg Technoz

KPK Periksa Ahok di Kasus Korupsi LNG Pertamina

Sultan Ibnu Affan
07 November 2023 13:25

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok saat mengunjungi RDMP Pertamina Balikpapan./dok. Instagram
Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok saat mengunjungi RDMP Pertamina Balikpapan./dok. Instagram

Bloomberg Technoz, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah memeriksa Komisaris Utama PT Pertamina (Persero), Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut tercatat sebagai salah satu saksi pada kasus dugaan korupsi pengadaan Liquefied Natural Gas (LNG) di PT Pertamina (persero) pada 2011-2021.

Juru bicara KPK, Ali Fikri mengatakan, Ahok telah tiba di Gedung Merah Putih KPK. Saat ini, dia masih menjalani pemeriksaan oleh tim penyidik dalam kasus yang menjerat mantan Direktur Utama Pertamina, Galaila Karen Kardinah atau Karen Agustiawan.

"Informasi yang kami peroleh saksi sudah hadir di Gedung Merah Putih KPK dan masih dilakukan pemeriksaan tim penyidik," kata Ali Fikri melalui pesan singkat, Selasa (7/11/2023).

KPK memang tengah menuntaskan penyidikan kasus dugaan korupsi pengadaan gas alam cair di Pertamina periode 2011-2021. Selain Ahok, penyidik juga telah memanggil sejumlah petinggi dan pejabat Pertamina, termasuk Direktur Utama Nicke Widyawati. Selain itu, mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara, Dahlan Iskhan.

Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan mantan Dirut Pertamina Karen Agustiawan sebagai tersangka. Lembaga antirasuah tersebut menuduh telah terjadi kerugian keuangan negara hingga Rp2,1 triliun dalam praktek korupsi pada proyek tersebut.