Logo Bloomberg Technoz

Kemlu Bantah Israel soal RS Indonesia Sembunyikan Hamas

Delia Arnindita Larasati
07 November 2023 09:35

RS Indonesia di Jalur Gaza terdampak serangan militer Israel. (Dok Mer-C)
RS Indonesia di Jalur Gaza terdampak serangan militer Israel. (Dok Mer-C)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) membantah tudingan Israel yang menyebut Rumah Sakit Indonesia di Gaza digunakan untuk menyembunyikan aktivitas militer Hamas.

Kemlu menegaskan Rumah Sakit Indonesia di Gaza merupakan fasilitas yang dibangun sepenuhnya oleh masyarakat Indonesia untuk tujuan kemanusiaan. Rumah sakit ini juga dibangun untuk melayani kebutuhan medis masyarakat Palestina di Gaza.

"RS Indonesia saat ini sudah dikelola sepenuhnya oleh otoritas Palestina di Gaza, meskipun dari waktu ke waktu selalu ada relawan Indonesia yang membantu," ungkap juru bicara Kementerian Luar Negeri Lalu Muhammad Iqbal dalam rilis resmi.

"RS Indonesia adalah satu dari segelintir fasilitas kesehatan yang masih berfungsi di Gaza di tengah jumlah korban serangan Israel yang terus bertambah setiap harinya. Rumah sakit ini saat ini merawat pasien dalam jumlah jauh melampaui kapasitasnya," tambahnya.

Kemlu juga mengungkap kondisi tiga warga negara Indonesia (WNI) yang memilih untuk menetap di Gaza dan tidak dievakuasi. Pihak kementerian mengatakan terus melakukan komunikasi dengan ketiga WNI tersebut.