Logo Bloomberg Technoz

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat harga cabai merah naik di 335 kabupaten/kota di seluruh Indonesia pada awal November 2023. Rata-rata harga komoditas pedas itu mencapai Rp53.908 per kilogram (kg).

Plt Kepala BPS, Amalia Adininggar Widyasanti menjelaskan, kenaikan harga cabai turut berkontribusi pada Indeks Perkembangan Harga (IPH) di wilayah Pulau Sumatra dan Jawa yang mayoritas mengalami kenaikan karena cabai merah.

Selain cabai merah, BPS mencatat kenaikan harga cabai rawit di 312 kabupaten/kota pada pekan pertama November 2023. Bahkan, harga cabai rawit pada periode tersebut mencapai Rp70.272/kg.

Pada pekan terakhir Oktober 2023, kenaikan cabai merah hanya terjadi di 264 kabupaten/kota dan cabai rawit terjadi di 282 kabupaten/kota.

“Secara spasial, hampir semua kabupaten/kota di Sumatra dan Jawa mengalami kenaikan harga cabai merah dan cabai rawit" ujar Amalia dalam dalam Rapat Koordinasi Pusat dan Daerah dirangkaikan dengan Penyerahan Insentif Fiskal Pengendalian Inflasi Daerah Periode 3 2023, Senin (6/11/2023).

“Di luar Sumatra dan Jawa ada beberapa IPH dipengaruhi kenaikan harga beras, tetapi juga terjadi perkembangan harga cabai merah dan cabai rawit,” lanjutnya.

(dov/ain)

No more pages