Logo Bloomberg Technoz

Solusi Mentan Harga Cabai Mahal: Tiap Keluarga Tanam 5-10 Pot

Dovana Hasiana
07 November 2023 08:45

Pembeli memilih cabai rawit dan cabai keriting merah di Pasar Minggu, Jakarta, Selasa (18/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Pembeli memilih cabai rawit dan cabai keriting merah di Pasar Minggu, Jakarta, Selasa (18/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mendorong rumah tangga atau keluarga di Indonesia untuk menanam cabai 5-10 pot per keluarga. Perintah itu disampaikan Arman sebagai salah satu solusi menekan harga cabai yang tengah melambung tinggi. 

Amran menegaskan dorongan ini sejalan dengan program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) atau merupakan program pengembangan model rumah pangan yang dibangun dalam suatu kawasan.  Prinsip pemanfaatan pekarangan yang ramah lingkungan, kata dia, untuk pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi keluarga. 

“Kami sudah koordinasi dengan Mendagri untuk bibit cabai dan bibit sayuran untuk rumah tangga. Jadi dalam 5-10 pot cukup untuk cabai dalam 1 keluarga,” ujar Amran dalam keterangan pers yang disiarkan secara virtual melalui Youtube Sekretariat Presiden, Senin (6/11/2023).   

Nantinya, bibit gratis akan diberikan agar setiap keluarga mampu melaksanakan dorongan tersebut. Amran juga mengatakan telah meminta Penjabat (Pj) Gubernur dan Bupati untuk menyisihkan sedikit anggaran untuk penyediaan bibit tersebut.

“Dulu kita pernah lakukan dan bisa menekan harga cabai. Jadi mulai sekarang kita bagikan bibit gratis pada rumah tangga yang menginginkan,” ujar dia.