Logo Bloomberg Technoz

Estimasi iPhone 16 Pro juga hadir dengan ukuran lebih besar, dengan Apple berpeluang memasang lensa tetra-prism dengan kemampuan optik zoom lima kali, seperti yang dihadirkan pada iPhone 15 Pro Max. Pu menyampaikan bahwa model Pro dan Pro Max memiliki kemampuan zoom lebih baik karena tertanamnya tetra-prims 12 megapixel (MP).

iPhone 16 Pro berdasarkan rumor tertanam cip A18 Pro dengan konfigurasi baru, tetap dengan arsitektur 3 nanometer (nm) — seperti halnya A17 Pro. Cip baru punya kemampuan yang sama RAM 8 GB, seperti pada 15 Pro dan Pro Max. Namun kemampuan kecepatan iPhone 16 Pro akan lebih cepat, lewat perbaikan pada WiFi atau teknologi 5G.

iPhone baru juga dispekulasikan hadir dengan modem Qualcomm Snapdragon X75. Kemampuan mengunduh (download) hingga 7,5 Gbps berkat standar baru “5G Advanced”.

WiFi 6e telah diperkenalkan pada iPhone 15 Pro, dan tahun depan versi Pro mungkin memiliki Wi-Fi 7. Pada standar WiFi dapat menghadirkan kecepatan hingga 46 Gbps, empat kali lebih cepat dibandingkan WiFi 6.

Pu selanjutnya menjabarkan model iPhone 16 hanya akan menggunakan dua lensa pada sisi belakang, tanpa ada kemampuan zoom optik. Lensa lebar ultra dipertahankan sensor 12 MP tanpa fokus dan makro.

Cip A17 mungkin juga hadir pada iPhone 16, yang tidak sekuat A17 Pro. Pada versi ini memiliki kemampuan RAM 8 GB (bandingkan dengan RAM 6 GB di cip A16 Bionic), namun tidak ada upgrade ke modem 5G. Pada iPhone 16 Pro mendapatkan WiFi 7, namun untuk iPhone 16 dan iPhone 16 Plus WiFi 6e.

Estimasi iPhone baru meluncur September tahun depan, dengan estimasi pengiriman satu hingga dua minggu setelahnya.

(wep/roy)

No more pages