Logo Bloomberg Technoz

Namun, Anne memastikan pengerjaan retrofit ini tidak mengganggu operasional dari KRL. Hingga saat ini, Anne menjelaskan bahwa KAI Commuter memiliki total 1.115 gerbong (cars) yang beroperasi.

“Jadi tidak akan dikurangi frekuensinya. Namun, untuk maintenance dan operasional ada rekomposisi, rekayasa pola operasi. Kemudian kalo hari libur lebih sedikit penumpangnya, kita rekayasa pola operasi agar maintenance berjalan dengan baik,” ujar Anne.

Selain itu, Anne mengatakan, saat ini kecepatan kereta di sejumlah jalur ditingkatkan secara bertahap untuk mengurangi waktu tunggu (headway), seperti Bekasi yang saat ini kecepatan mencapai 80—90 km per jam, Batu Ceper 80—90 km per jam, dan Bogor menjadi 80 km per jam.

Di lain sisi, Direktur Utama KAI Commuter Asdo Artriviyanto, menyampaikan penandatanganan kontrak pekerjaan retrofit Sarana KRL ini merupakan upaya lanjutan dalam replacement 19 rangkaian sarana KRL yang dimiliki KAI Commuter secara bertahap mulai 2023—2026.

"Dalam peremajaan sarana KRL, KAI Commuter akan melakukan proses retrofit sebanyak 19 rangkaian secara bertahap selama lima tahun ke depan." Jelas Asdo. 

(dov/wdh)

No more pages