Logo Bloomberg Technoz

Iron Dome Israel Malfungsi, Ledakkan Rumah dan RS Tel Aviv

News
06 November 2023 17:30

Ledakan di Gaza akibat konflik Israel - Hamas. (Dok: Bloomberg)
Ledakan di Gaza akibat konflik Israel - Hamas. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Tel Aviv - Sistem pertahanan Iron Dome milik Israel dilaporkan malfungsi.

Akibat cacat fungsi itu, roket pencegat dari sistem itu menghantam area tengah kota Rishon LeZion, di selatan Tel Aviv, demikian dilaporkan Al Jazeera, Senin (06/11/2023).

“Pencegat Iron Dome Israel dilaporkan malfungsi. Rudal-rudal sistem tersebut terlihat memutar balik dan menghantam rumah-rumah dan sebuah rumah sakit di Tel Aviv,” lapor Quds News Network.

Video malfungsi ini diposting di akun X Quds News Network, Senin, dan diverifikasi oleh Al Jazeera.

Untuk diketahui, Iron Dome adalah sistem pertahanan udara bergerak yang dikembangkan oleh Rafael Advanced Defense Systems dan Israel Aerospace Industries.

Sistem ini dirancang untuk mencegat dan menghancurkan roket jarak pendek dan peluru artileri yang ditembakkan dari jarak 4 hingga 70 kilometer dan yang lintasannya akan membawa mereka ke daerah berpenduduk Israel.

Iron Dome terdiri dari tiga komponen utama:

  • Radar: Radar mendeteksi roket yang masuk dan melacak lintasannya.
  • Sistem manajemen pertempuran: Sistem manajemen pertempuran menentukan apakah roket yang masuk merupakan ancaman dan jika demikian, menghitung titik intersepsi.
  • Peluru kendali pencegat: Peluru kendali pencegat diluncurkan untuk mencegat roket yang masuk dan menghancurkannya di udara.

Iron Dome telah terbukti sangat efektif dalam melindungi warga sipil Israel dari serangan roket. Dalam Operasi Pilar Pertahanan tahun 2012, misalnya, Iron Dome mencegat sekitar 85% roket yang ditembakkan ke Israel dari Gaza. Sistem ini juga telah digunakan untuk melindungi warga sipil Israel dari serangan roket dari Lebanon dan Suriah.