Logo Bloomberg Technoz

Bantuan RI Tiba di El Arish Mesir, Lanjut Diangkut ke Gaza

Dovana Hasiana
06 November 2023 15:30

Bantuan kemanusiaan untuk masyarakat Gaza tiba di El Arish (6/11/2023). (Dok. Kemlu RI)
Bantuan kemanusiaan untuk masyarakat Gaza tiba di El Arish (6/11/2023). (Dok. Kemlu RI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bantuan kemanusiaan untuk masyarakat Gaza tiba di El Arish, Mesir. Bantuan ini dibawa oleh Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Pahala Nugraha. Diketahui perang masih terjadi di Gaza usai Israel meggempur wilayah tersebut buntut serangan di sebuah konser musik Israel beberapa waktu lalu.

Ribuan korban tewas jatuh. Oleh karena itu pemerintah Indonesia (RI) mengirimkan bantuan kemanusian tahap pertama seberat 51,5 ton untuk Palestina.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepaskan pengiriman bantuan itu pada Sabtu (4/11/2023). Adapun bantuan tersebut berasal dari lembaga swadaya masyarakat, badan amal kemanuasian dan pengusaha.

Bantuan setibanya di Bandara El Arish Mesir kemudian akan diteruskan ke Gaza. Bantuan tersebut berupa bahan makanan, alat medis, selimut, tenda, dan barang-barang logistik lainnya yang telah disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di Gaza. 

"Bantuan kemanusiaan untuk masyarakat Gaza telah tiba di Bandara El Arish, Mesir pada 6 November 2023. Pesawat tiba pada pukul 08.00 waktu setempat," kata Jubir Kemlu Lalu Iqbal lewat keterangannya pada Senin (6/11/2023).