Logo Bloomberg Technoz

Cegah Perang Meluas, Menlu Blinken Kunjungi Tepi Barat dan Irak

News
06 November 2023 09:46

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken ( Andrea Verdelli/Bloomberg)
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken ( Andrea Verdelli/Bloomberg)

Courtney McBride - Bloomberg News

Bloomberg, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Antony Blinken, melakukan kunjungan mendadak ke Tepi Barat dan Irak dalam upaya diplomasi baru melalui Timur Tengah. Kunjungan ini bertujuan meningkatkan aliran bantuan ke Jalur Gaza dan mencegah konflik Israel-Hamas agar tidak memicu perang yang lebih luas.

Pembicaraan Blinken dengan Presiden Otoritas Palestina, Mahmoud Abbas, dan kunjungannya dengan Perdana Menteri Irak di Baghdad - yang dirahasiakan hingga dia dalam perjalanan pulang karena masalah keamanan - terhalangi oleh kampanye militer Israel yang meningkat di Gaza. Serangan-serangan itu telah mendorong militan Hizbullah yang didukung Iran di Lebanon untuk meningkatkan serangan roket mereka sendiri.

"Kami ingin mengirim pesan yang sangat jelas kepada siapa pun yang mungkin mencoba memanfaatkan konflik di Gaza untuk mengancam personel kami di sini atau di tempat lain di wilayah ini," kata Blinken kepada para wartawan. "Jangan lakukan itu."

Blinken mengatakan dia telah mengadakan pertemuan produktif dengan Perdana Menteri Irak, Mohammed Shiaa al-Sudani. Pernyataan kemudian dari departemennya mengatakan bahwa para pemimpin tersebut telah berdisukusi untuk memastikan penduduk Gaza memiliki akses ke makanan dan air.