Logo Bloomberg Technoz

Banyak peserta yang membawa Bendera Palestina dan berbagai ornamen-ornamen simbolik Palestina. Massa juga terlihat memegang berbagai poster, salah satunya bertuliskan ‘Hamaz is not a Terrorist, The Israel State is Terrorist’. 

Adapun pejabat yang hadir dalam agenda hari ini di antaranya Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Ketua DPR RI Puan Maharani, Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid, dan Senator DPD RI Dapil DKI Jakarta, Sylviana Murni. 

Terdapat berbagai orasi yang dilakukan oleh pejabat, tokoh publik dan sejumlah pimpinan dari berbagai organisasi lintas agama. 

Jenis-jenis orasi yang dilontarkan pun beragam, mulai dari Menteri Retno yang membacakan puisi yang dibuat hingga berbagai pernyataan yang membangun semangat massa yang berkumpul. Namun, inti dari orasi tersebut adalah mengecam penjajahan yang dilakukan oleh Israel dan menuntut kemerdekaan Palestina.

Berbagai yel-yel juga dilontarkan, salah satunya ‘Indonesia? Bela Palestina, Palestina? Merdeka, Penjajah Israel? Lawan’. 

Berbagai pernyataan juga dilontarkan oleh tokoh-tokoh dari berbagai organisasi yang menginginkan kemerdekaan Palestina.  Terakhir, pernyataan tersebut diberikan kepada Duta Besar Palestina di Jakarta yang turut hadir pada acara hari ini. 

Acara berakhir sekitar pukul 10.00 WIB dan massa mulai pergi meninggalkan lapangan di Monas. 

(dov/ain)

No more pages