Logo Bloomberg Technoz

Pemerintah Indonesia Kirim 51,5 Ton Bantuan ke Palestina Tahap 1

Mis Fransiska Dewi
04 November 2023 09:49

Presiden Joko Widodo, Menhan Prabowo Subianto, dan Menlu Retno Marsudi (Sumber: YouTube Setpres RI)
Presiden Joko Widodo, Menhan Prabowo Subianto, dan Menlu Retno Marsudi (Sumber: YouTube Setpres RI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah Indonesia telah mengirimkan bantuan kemanusian tahap pertama seberat 51,5 ton untuk Palestina.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat pelepasan pengiriman bantuan itu, Sabtu (04/11/2023) mengatakan bantuan tersebut berasal dari lembaga swadaya masyarakat, badan amal kemanuasian, dan pengusaha.

“Alhamdulillah pada pagi hari ini bantuan Indonesia untuk rakyat Palestina akan segera diberangkatkan menuju Bandara El Arish di Mesir kemudian akan diteruskan dan disalurkan ke Gaza,” kata Jokowi dikutip dari siaran YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi menyebutkan bantuan tersebut berupa bahan makanan, alat medis, selimut, tenda, dan barang-barang logistik lainnya yang telah disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di Gaza. 

Jokowi mengatakan bantuan tahap selanjutnya tengah dalam persiapan. Ia menegaskan bantuan tersebut bukan hanya dari pemerintah, melainkan juga dari masyarakat dan dunia usaha yang disalurkan kepada lembaga kemanusian seperti BAZNAZ, Indonesian Humanitarian Alliance (IHA), Palang Merah Indonesia, Kitabisa, pemerintah, TNI serta Polri.