Logo Bloomberg Technoz

Menhub Budi Karya Sumadi membuka peluang menurunkan tarif batas atas tiket pesawat di beberapa daerah tertentu, khususnya daerah daya beli masyarakat yang terbatas seperti Indonesia bagian Timur. 

Menhub Budi juga mengatakan pemerintah harus menggunakan pendekatan menyeluruh untuk melihat dan mempertimbangkan kebijakan dari segala sisi. 

“Pemerintah dengan fiskal yang demikian ini, tidak mudah untuk membuat satu solusi secara directly. Oleh karena itu, kami tetap mengacu atau memperhatikan TBA, tapi mungkin TBA daerah tertentu, tidak semua, bahkan kami akan menurunkan TBA di daerah tertentu juga karena mereka tidak mampu,” ujar Budi saat ditemui usai acara INACA Festival 2023 di Park Hyatt Jakarta, Jakarta Pusat, Kamis (2/11/2023). 

Sementara itu, Indonesia National Air Carriers Association (INACA) mengusulkan kepada Kemenhub sebagai regulator untuk menghapus TBA.

Ketua INACA, Denon Prawiraatmadja tarif tiket pesawat dikembalikan kepada mekanisme pasar. Dia memperkirakan harga akan naik seiring dengan naiknya permintaan, namun juga akan menurun ketika permintaan rendah. 

“Mungkin jadi salah satu usulan kalau bisa TBA ini ditiadakan sehingga menyerahkan pada mekanisme pasar,” ujar Denon, Kamis (2/11/2023). 

(mfd/ain)

No more pages