Logo Bloomberg Technoz

Fit And Proper Test Panglima TNI Digelar Pertengahan November

Fransisco Rosarians Enga Geken
03 November 2023 15:10

Jenderal TNI Agus Subiyanto (tniad.mil.id)
Jenderal TNI Agus Subiyanto (tniad.mil.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) berencana menggelar uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Agus Subiyanto sebagai calon tunggal Panglima TNI, Selasa (14/11/2023).

Meski demikian, Ketua Komisi I DPR, Meutya Hafid mengatakan, jadwal tes tersebut bisa saja maju atau lebih cepat jika ada permintaan dari Pimpinan DPR. Agus sendiri harus segera ditetapkan sebagai Panglima TNI yang baru sebelum Jenderal Yudo Margono pensiun pada Ahad (26/11/2023).

"Kurang lebih seperti itu. Tapi kita lihat perkembangannya, kalau dari pimpinan DPR turunkan lebih cepet, kita bisa buat lebih cepat," kata Meutya seperti dilansir laman DPR, Jumat (3/11/2023). "Intinya adalah sebelum tanggal 21 November ini harus selesai di DPR. Sudah dibawa ke Paripurna."

Hingga saat ini, kata dia, Komisi I masih menunggu hasil pembahasan Badan Musyawarah (Bamus) DPR tentang Surat Presiden (Surpres) yang berisi penunjukkan calon tunggal Panglima TNI. Surpres tersebut akan menjadi dasar bagi Komisi I untuk mengumpulkan anggota dan menggelar uji kelayakan dan kepatutan bagi Agus.

Politikus Partai Golkar ini mengklaim, proses fit and proper test akan berjalan secara terbuka. Dia juga memastikan, Agus adalah sosok yang netral meski memiliki rekam jejak kedekatan dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.