Logo Bloomberg Technoz

Artinya, tarif tiket tidak lagi dibatasi oleh TBA yang ditetapkan oleh Kemenhub, melainkan dikembalikan kepada situasi pasar. Dalam hal ini, harga akan naik seiring dengan naiknya permintaan, namun juga akan menurun ketika permintaan rendah. 

Bila terdapat masyarakat yang menganggap harga tiket pesawat mahal, mereka bisa menggunakan pilihan transportasi lainnya yang tersedia. Apalagi industri penerbangan merupakan bisnis yang mahal, mulai dari bahan bakar avtur, sewa pesawat, dan gaji karyawan. 

Pengamat Transportasi dari Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Djoko Setijowarno mengatakan, pembangunan kereta cepat hingga Surabaya juga akan menawarkan transportasi baru selain pesawat. Sehingga terdapat potensi masyarakat beralih dari pesawat ke kereta cepat. Kata Djoko, model serupa juga telah terjadi di Eropa, ketika masyarakat lebih memilih menggunakan kereta cepat dibanding pesawat.

Namun, yang menjadi permasalahan utama adalah terdapat bandara baru, seperti Yogyakarta International Airport (YIA) yang berpotensi belum mendapatkan keuntungan atau balik modal. Sehingga pemerintah tentu perlu memperhatikan hal tersebut. 

“Ya gak apa-apa (kalau beralih), tapi ada beberapa bandara kita yang dibangun, nanti modalnya belum kembali. Ada YIA, itu kan baru dibangun, kalau pindah ke kereta gimana? Itu jadi pemikiran. Tinggal dihitung aja plus minus-nya apa,” ujarnya. 

(dov/ain)

No more pages