Logo Bloomberg Technoz

"Semua kita review," tegas Tiko.

Seperti diketahui, LRT Jabodebek tengah dalam masa perawatan sehingga hanya ada 8 rangkaian kereta (trainset) yang bisa dioperasikan secara penuh. 

Hal ini tentu berpengaruh terhadap waktu tunggu antar kereta (headway), di mana pada saat peak hour, waktu tunggu kereta lintas Harjamukti/Jatimulya - Cawang (pp) mencapai 30 menit, sementara Cawang - Dukuh Atas (pp) mencapai 15 menit.

Waktu tunggu antar kereta (headway) pun menjadi semakin lama ketika off-peak hour, di mana Harjamukti/Jatimulya - Cawang (pp) dalam waktu 60 menit dan Cawang - Dukuh Atas (pp) mencapai 30 menit. 

Seperti diketahui, pada LRT umumnya mengoperasikan 16 trainset per hari.

LRT mengatakan perbaikan terpaksa dilakukan karena pihaknya menemukan sebagian kondisi roda kereta yang beroperasi sudah memasuki masa perawatan pembubutan roda untuk menghindari kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diharapkan.

“Kondisi keausan roda yang sudah memasuki masa pembubutan mengharuskan sejumlah trainset untuk dilakukan perawatan agar keamanan perjalanan tetap terjaga,” ujar Manager Public Relations LRT Jabodebek, Kuswardoyo dalam siaran pers, Rabu (25/10/2023). 

(ain)

No more pages