Logo Bloomberg Technoz

Dian Sastro Jadi Ansos untuk Peran Dasiyah di Gadis KretekĀ 

Septiana Ledysia
02 November 2023 14:25

Gadis Kretek. (dok. Netflix Indonesia)
Gadis Kretek. (dok. Netflix Indonesia)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Aktris Dian Sastrowardoyo memerankan peran sebagai Dasiyah di serial Gadis Kretek. Karena memiliki karakter yang berbeda, Dian sampai anti sosial selama enam bulan.

Dian menceritakan dirinya dan Dasiyah memiliki cara bicara yang berbeda dan gestur yang tidak sama. Untuk itu dia melakukan pendekatan secara rinci dengan bantuan pelatih akting, Rukman Rosadi.

Dian juga sampai berhenti bertemu dengan teman-temannya selama enam bulan agar bisa menciptakan gestur atau gerak gerik yang sama pada zaman itu yang minim aktivitas.

“Saya behenti bertemu teman-teman saya selama enam bulan, berhenti bersosialisasi, berhenti berolahraga lari, tenis karena saya ingin melatih badan saya dengan gerak geriknya kayak orang di zaman itu, nggak terlalu banyak aktkvitasnya. Saya berhenti dengerin musik modern, saya dengerin musik gamelan aja beberapa bulan. Saya anti sosial banget deh untuk masuk ke karakter ini,” kata Dian siaran pers yang diterima Bloomberg Technoz.

Gadis Kretek. (dok. Netflix Indonesia)

Kamila Andini sebagai sutradara mengatakan karakter Dasiyah membuatnya terpikat. ““Saat membaca novel yang luar biasa ini, saya sangat terpukau, salah satunya oleh karakter Jeng Yah. Saat ini akan diadaptasi menjadi serial, satu hal yang ingin saya lihat adalah semangat dari karakter Jeng Yah, yang saya lihat sebagai perempuan yang lebih maju dari zamannya tapi juga mengalami begitu banyak perjalanan dan kejadian,” ujarnya.