Logo Bloomberg Technoz

Harta Migas Papua di Blok Warim Dilelang, Kategorinya 'High Risk'

Sultan Ibnu Affan
02 November 2023 12:55

Taman Nasional Lorentz di Papua./dok. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan
Taman Nasional Lorentz di Papua./dok. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kementerian Energi dan Sumber Daya Manuia (ESDM) mulai melelang sebagian wilayah kerja (WK) di Blok Warim, Papua yang digadang-gadang menjadi sumber harta karun minyak dan gas bumi (migas) terbesar di Indonesia

"[Blok Warim] sudah [mulai dilelang]," ujar Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Tutuka Ariadji saat ditemui di kantor Kementerian ESDM, Rabu (1/11/2023), malam.

Meski demikian, Tutuka mengatakan, cekungan Warim tersebut kini sudah berganti nama menjadi Akimeugah 1 dan 2, bersamaan dengan penciutan wilayah kerja yang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Lorentz Papua.

Pemangkasan wilayah itu, kata Tutuka, harus dilakukan agar tidak terjadi sengketa perizinan pada kemudian. Apalagi, Taman Nasional Lorentz merupakan kawasan konservasi, yang mesti membutuhkan perizinan khusus dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) agar cadangan migas di sana dapat dieksploitasi.

"Supaya tidak menjadi permasalahan dengan lingkungan, termasuk UNESCO juga. Jadi kita potong [wilayah kerja migasnya]," ujarnya.

Selain Harta Karun Warim di Papua, Ini 7 Blok Migas Terbesar RI (Infografis/Bloomberg Technoz)
Berisiko Tinggi