Logo Bloomberg Technoz

Indonesia Masuk Musim Pancaroba, Hati-hati Demam dan Diare

Septiana Ledysia
01 November 2023 17:45

Ilustrasi: DKI Jakarta diprediksi akan diguyur hujan hingga malam hari. (Dok. Pexels)
Ilustrasi: DKI Jakarta diprediksi akan diguyur hujan hingga malam hari. (Dok. Pexels)

Bloomberg Technoz, Jakarta - BMKG mengatakan wilayah Indonesia sudah memasuki musim pancaroba yaitu peralihan musim dari panas ke hujan. Beberapa penyakit ini harus diwaspadai.

Menurut pakar kesehatan yang juga epidemiolog, Dicky Budiman, beberapa penyakit harus diwaspadai saat peralihan musim seperti waterborne diseases dan Foodborne diseases.

Penyakit yang berkaitan dengan waterborn diseases adalah yang bertransmisi dari air, seperti diare. Kalau bicara soal foodborne diseases merupakan penyakit yang bertransmisi dari makanan tidak higienis yang mengandung bakteri Salmonella thypi bisa menjadi penyebab terjadinya demam tifoid atau tifus.

Di sisi lain dari kondisi suhu, ini membuat orang jadi rentan, batuk, pilek dan batuk dengan dahak yang banyak ini tentu harus diminimalisir,” kata Dicky saat berbincang.

Meminimalisirnya dengan menjaga kebersihan lingkungan. “Seperti kalau buang dahak jangan sembarangan, kalau sakit jangan dipaksakan bekerja, mencari konsumsi makanan yang bersih dan sehat,” tambahnya.