Logo Bloomberg Technoz

LPG 3 Kg Dibatasi Mulai Januari 2024, Beli Harus di Pangkalan

Sultan Ibnu Affan
01 November 2023 16:25

Ilustrasi Gas 3Kg. (Dok. Pertamina)
Ilustrasi Gas 3Kg. (Dok. Pertamina)

Bloomberg Technoz, Jakarta – PT Pertamina (Persero) mengungkapkan rencana pemerintah dalam melakukan pembatasan pembelian tabung gas minyak cair atau liquified petroleum gas (LPG) 3 kg yang rencananya akan dimulai pada Januari 2024.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan, upaya tersebut dilakukan demi meminimalisasi penyelewengan tabung gas melon itu kepada masyarakat.

"Pengecernya yang akan kami rapikan," ujar Fadjar saat ditemui di sela Pertamina Digital Expo 2023, Rabu (1/11/2023).

Fadjar mengatakan, penertiban tersebut sejalan dengan upaya dan tujuan perusahaan dalam melakukan digitalisasi proses distribusi produk ritel bersubsidi perseroan. Dia juga berharap nantinya rantai distribusi LPG hingga masyarakat dapat terpangkas, dan bisa tepat sasaran.

"Kita ingin supaya masyarakat bisa langsung ke pangkalan belinya, enggak beli ke warung-warung. Kalau di warung kan harganya lebih mahal, mungkin di luar HET [harga eceran tertinggi], sedangkan di pangkalan [sesuai] HET. Makanya, kemarin ada isu LPG langka, ternyata di pangkalan itu ada. [Stok] yang langka itu justru di warung-warung itu, karena mungkin warung entah dapat kiriman dari mana," tuturnya.

Ilustrasi Gas 3Kg. (Dok. Pertamina)