Logo Bloomberg Technoz

Ada Temuan North Ganal, Badak LNG Hidupkan Lagi 3 Kilang Bontang

Sultan Ibnu Affan
01 November 2023 12:55

Ilustrasi ladang gas bumi di laut lepas. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi ladang gas bumi di laut lepas. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – PT Badak LNG bakal menghidupkan kembali tiga fasilitas kilang gas alam cair atau liquified natural gas (LNG) di Bontang, Kalimantan Timur; menyusul temuan lapangan baru North Ganal oleh perusahaan migas asal Italia, Eni S.p.A., beberapa waktu lalu.

Deputy Director Marketing & Business Development PT Badak LNG Mohamad Farouk Riza mengatakan, temuan cadangan gas di lapangan North Ganal itu berpotensi akan menambah pasokan gas baru dalam kurun 2—3 tahun ke depan.

"Dengan adanya temuan gas baru tersebut, maka kami menyiapkan reaktivasi kembali 2—3 kilang yang saat ini diistirahatkan," ujar Farouq di sela webinar DETalk secara virtual, dikutip Rabu (1/11/2023).

Farouq mengatakan, Badak LNG sedianya memang mengoperasikan total 8 kilang. Namun, hanya 3 kilang yang masih beroperasi saat ini, menyusul pasokan gas dari hulu yang susut belakangan ini, sehingga minim nilai keekonomian.

Meski begitu, kata Farouq, temuan Eni di North Ganal itu bakal membuka kembali peluang operasional kilang Bontang hingga 20 tahun ke depan.