Logo Bloomberg Technoz

Saham Teknologi China Anjlok Dipicu Aksi Perang Harga

News
21 February 2023 19:51

Alibaba (Qilai Shen/Bloomberg)
Alibaba (Qilai Shen/Bloomberg)

Abhishek Vishnoi – Bloomberg News

Bloomberg – Perusahaan digital China kian bersaing untuk mengalahkan satu sama lain sejak Beijing mulai melonggarkan kebijakan internet yang ketat. Hal ini memicu lonjakan tiba-tiba dalam kompetisi ketat yang mengancam margin dan menakuti investor.

Pertarungan sengit terjadi karena perusahaan-perusahaan digital, yang membatasi ekspansi akibat kebijakan penumpasan internet (internet crackdown) selama bertahun-tahun, sekarang merasa terlepas dari belenggu. 

Beijing belum memberikan sanksi untuk kembali ke rezim internet free-for-all yang menandai masa kejayaan sektor ini sebelum Covid, tetapi serangkaian kampanye agresif oleh para big tech dalam beberapa pekan terakhir menghidupkan kembali momok perang harga yang melemahkan industri digital di Negeri Panda.

Saham JD.com Inc. merosot 8% dalam perdagangan prapasar Amerika Serikat (AS), setelah sebuah laporan media mengatakan raksasa dagang-el itu sedang merencanakan kampanye subsidi senilai 10 miliar yuan (US$1,5 miliar) untuk bersaing dengan PDD Holdings Inc. 

Kinerja saham JD.com (Sumber: Bloomberg)