Logo Bloomberg Technoz

Agus Subiyanto Calon Panglima, Dandim Solo Saat Jokowi Wali Kota

Redaksi
31 October 2023 13:25

Jenderal TNI Agus Subiyanto (tniad.mil.id)
Jenderal TNI Agus Subiyanto (tniad.mil.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Agus Subiyanto diajukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon pengganti Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono. Pekan lalu, Agus baru saja dilantik menjadi KSAD setelah sebelumnya merupakan Wakil KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang akan pensiun.

Pengangkatan Jenderal Agus sebagai KSAD tertuang dalam Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 89/TNI/2023. Di Istana Negera, Sekretaris Militer Presiden membacakan SK yang memuat pemberhentian dengan hormat Jenderal TNI Dudung Abdurachman dari jabatan itu sekaligus pengangkatan Letnan Jenderal TNI Agus Subiyanto.

Namun pada awal pekan ini, begitu DPR kembali membuka masa sidang, nama Agus sudah diajukan ke Parlemen untuk diuji menjadi kandidat pengganti Yudo Margono. Hal itu disampaikan Ketua DPR Puan Maharani.

Agus beberapa tahun lalu pernah bertugas di Solo. Dia adalah Dandim 0735 Surakarta saat Presiden Jokowi masih menjadi kepala daerah di sana. Lantas bagaimana profil dan kiprah Agus, KSAD yang menjadi bakal Panglima TNI tersebut?

Agus Subiyanto merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1991. Dia dicatat mengemban sejumlah jabatan strategis, sebagaimana dikutip dari laman resmi TNI AD. Agus lahir di Cimahi, Jawa Barat pada 5 Agustus 1967.