Logo Bloomberg Technoz

Baru Jadi KSAD, Agus Subiyanto Diajukan Jokowi Calon Panglima TNI

Pramesti Regita Cindy
31 October 2023 12:20

Letjen Agus Subiyanto dilantik sabagai KSAD oleh Presiden Joko Widodo. Foto: Youtube/Sekretariat Negara
Letjen Agus Subiyanto dilantik sabagai KSAD oleh Presiden Joko Widodo. Foto: Youtube/Sekretariat Negara

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani membenarkan sudah menerima nama Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Agus Subiyanto yang diajukan Presiden Jokowi untuk menggantikan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono.

"Pada kesempatan ini saya akan mengumumkan nama calon pengganti dari Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. Nama yang diusulkan oleh presiden adalah Jenderal TNI Agus Subianto," kata Puan di gedung Nusantara III DPR-RI, Jakarta, Selasa (31/10/2023). 

Puan menyebut DPR-RI menerima surat presiden (surpres) terkait dengan usulan nama pengganti Panglima TNI Yudo Margono tersebut. Oleh karena itu berikutnya adalah dilakukan uji kepatutan dan kelayakan di Komisi I DPR.

"Kurang lebih 20 hari setelah surpres tersebut diterima oleh DPR RI. Oleh karenanya kami  akan menjalankan mekanisme yang ada di DPR untuk kemudian meneruskan usulan nama pengganti Panglima TNI yang akan datang," tambah politikus PDIP ini.

"Semoga berjalan dengan baik sehingga pergantian atau panglima TNI yang akan datang dapat berjalan dengan baik dan tidak ada kekosongan," tutupnya.