Logo Bloomberg Technoz

Ketua DPR Ingatkan Perampungan UU Tak Boleh Terganggu Pemilu

Pramesti Regita Cindy
31 October 2023 11:00

Sidang Paripurna DPR dipimpin Ketua DPR Puan Maharani (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita Cindy)
Sidang Paripurna DPR dipimpin Ketua DPR Puan Maharani (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita Cindy)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani meminta agar tahun pemilu tak membuat DPR terganggu dalam tugas merampungkan fungsi legislasi yakni pembuatan dan revisi undang undang. Diketahui pada saat ini sudah masuk tahapan pemilu yang akan digelar pada 14 Februari 2024 mendatang.

Hal ini disampaikan dalam pidatonya di pembukaan Rapat Paripurna DPR RI ke-8 masa persidangan II tahun persidangan 2023-2024. 

"Pembahasan rancangan undang-undang yang saat ini sudah dalam tahap pembahasan. Pembahasan (UU) tidak boleh diganggu dengan agenda pemilu yang sedang dilakukan. DPR RI dan pemerintah akan tetap fokus dalam menjalankan amanat rakyat, untuk undang-undang yang berkualitas," kata Puan di Rapat Paripurna DPR di gedung DPR, Jakarta, Selasa (31/10/2023). 

Puan juga merujuk kepada fungsi DPR yang utama itu yakni legislasi di sampung fungsi anggaran dan pengawasan yang juga harus dilakukan beriringan. Namun demikian Puan mengatakan agar semua pihak bisa bersama-sama menyukseskan pemilu demi memastikan transisi politik bisa berjalan dengan mulus.

"Kualitas Pemilu akan menentukan kualitas demokrasi, salah satunya akan menentukan kualitas kedaulatan rakyat dalam kemajuan bangsa," kata Puan.