Logo Bloomberg Technoz

Pasar iPhone di China Tergerus Karena Ponsel Huawei

News
31 October 2023 10:40

iPhone 15. (Dok: Bloomberg)
iPhone 15. (Dok: Bloomberg)

Jinshan Hong dan Vlad Savov — Bloomberg News

Bloomberg, Semakin banyak bukti yang menunjukkan iPhone terbaru dari Apple Inc. mengalami penurunan penjualan di China. Ini jadi penanda kemunduran bagi perusahaan paling bernilai di dunia di pasar luar negerinya yang paling penting.

Seri iPhone 15, mengalami penurunan penjualan 6% pada bulan peluncurannya dibandingkan tahun sebelumnya, berdasarkan data GfK yang menghitung seluruh saluran distribusi konsumen. Pelacak industri seluler IDC memperkirakan pengiriman Apple turun 4% pada kuartal ketiga.

GfK ataupun IDC kemudian mengidentifikasi kembalinya Huawei Technologies Co. pada pasar ponsel sebagai peristiwa penting dalam periode tersebut. Seri Huaweo Mate 60 mencatat penjualan hampir 1,5 juta pada bulan peluncurannya, lebih dari dua kali lipat dari tahun lalu, kata GfK. dengan catatan Huawei masih menghadapi kendala pasokan.

“Dengan latar belakang pertumbuhan Huawei yang kuat, iPhone seri 15 milik Apple mencatat penurunan penjualan sebesar 6%,” kata Hayden Hou, analis senior China di GfK.

Data kinerja pendapatan Huawei. (Dok: Bloomberg)