Logo Bloomberg Technoz

Makna Batik Parang yang Dipakai Bakal Capres saat Bertemu Jokowi

Septiana Ledysia
30 October 2023 18:15

Presiden Jokowi makan siang dengan tiga bakal calon presiden yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan.(Istimewa)
Presiden Jokowi makan siang dengan tiga bakal calon presiden yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan.(Istimewa)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Tiga calon presiden yaitu Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan bertemu Presiden Joko Widodo di Istana. Ketiganya sama-sama mengenakan batik bermotif parang. 

Saat bertemu Jokowi di Istana, Prabowo Subianto mengenakan Batik Parang dengan motif Gurdo dan Beras Kutah. Kalau Anies Baswedan mengenakan perpaduan beberapa motif batik yaitu Parang Barong dan bunga khas pesisiran. Sedangkan Ganjar Pranowo mengenakan Batik motif Parang Slobog yang dipadukan dengan batik pesisiran.

Menurut desainer Sonny Muchlison, motif parang berarti senjata yang memiliki makna perlindungan, pertahanan, menjaga dan mengayomi. 

“Diperuntukkan untuk kalangan istana pada zamannya dan tak diperkenankan untuk rakyat biasa,” kata Sonny saat berbincang dengan Bloomberg Technoz, Senin (30/10/2023).

Sonny juga mengatakan batik motif parang adalah salah satu jenis motif batik dari 7 motif larangan (di antaranya motif  Parang Rusak Barong, Parang Rusak Gendreh, Parang Klithik, Semen Gedhe Sawat Gurdha, Semen Gedhe Sawat Lar, Udan Liris, Rujak Senthe, Parang-parangan, Cemukiran, Kawung, dan Huk).