Logo Bloomberg Technoz

Saat ini bisnis GoTo terdiri dari layanan on-demand (mobilitas, pesan antar makanan, dan logistik) melalui Gojek, e-commerce lewat Tokopedia, financial technology (pembayaran, layanan keuangan dan solusi teknologi untuk pedagang) melalui GoTo Financial, dan logistik melalui GoTo Logistics.

Patrick Walujo, Direktur Utama Grup GoTo mengatakan GTV Grup telah kembali mencatatkan pertumbuhan positif setelah mencatatkan penurunan dua kuartal berurutan, didorong oleh pertumbuhan unit bisnis E-Commerce dan On-Demand Services.

Hal ini disebabkan oleh strategi perseroan memperluas pasar potensial (total addressable market atau TAM) melalui pengembangan produk dan layanan yang mampu menjawab kebutuhan konsumen yang lebih peka terhadap harga (price conscious customers).

“Sinergi ekosistem yang semakin kuat ini menjadi keunggulan kami di tengah kompetisi yang semakin ketat. Grup GoTo akan terus beradaptasi secara taktis untuk mempertahankan kepemimpinan pasar kami, serta di saat yang sama terus berinvestasi untuk mendukung strategi bisnis jangka panjang perseroan,” katanya, dalam siaran pers, Senin ini (30/10).

Lebih rinci, pendapatan bruto masing-masing unit bisnis yang masih bertumbuh, yang dipimpin oleh lini bisnis e-commerce yang naik 11% YoY menjadi Rp6,72 triliun, kemudian lini financial technologi tumbuh 10% menjadi Rp1,27 triliun. Bisnis on-demand services, termasuk Gojek dan Gofood, tumbuh 5% menjadi Rp8,88 triliun dan bisnis logistik tumbuh 4% menjadi Rp1,67 triliun.

Dalam keterangannya GOTO tidak mengubah pedoman mencapai Adjusted EBITDA grup positif dalam kuartal IV-2023. Perseroan juga mempertahankan pedoman Adjusted EBITDA grup untuk keseluruhan tahun di kisaran antara minus Rp4,5 triliun dan minus Rp3,8 triliun.

“Pedoman di atas didasarkan pada kondisi pasar saat ini dan mencerminkan perkiraan awal Perseroan, yang semua tergantung pada ketidakpastian dan risiko. Hal ini termasuk peningkatan kompetisi pasar, yang diperkirakan akan berlanjut di kuartal mendatang, inflasi, serta faktor lainnya,” tulis manajemen GOTO.

(mfd)

No more pages