Logo Bloomberg Technoz

Daftar Rute dan Maskapai yang Beroperasi di Bandara Kertajati

Dovana Hasiana
30 October 2023 12:27

Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka. (foto: BIJB Kertajati)
Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka. (foto: BIJB Kertajati)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Majalengka, Jawa Barat telah beroperasi penuh mulai, Minggu (29/10/2023). Kertajati yang akan menggantikan Bandara Husein Sastranegara (BDO) melayani 20 penerbangan take off dan landing dengan okupansi sebesar 80% pada hari pertama.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan Bandara Kertajati telah melayani 7 rute penerbangan pada hari pertama beroperasi, yakni Balikpapan (BPN), Banjarmasin (BDJ), Batam (BTH), Denpasar (DPS), Makassar (UPG), Medan/Kualanamu (KNO) dan Palembang (PLM). Adapun Denpasar, Kualanamu, dan Balikpapan merupakan rute favorit. 

Rute-rute penerbangan tersebut dioperasikan oleh maskapai Citilink, Indonesia AirAsia, Super Air Jet, Lion Air, dan Batik Air. Sedangkan rute penerbangan berjadwal luar negeri dengan tujuan Kuala Lumpur telah beroperasi sejak pertengahan Mei 2023 dengan frekuensi 2 kali per minggu. 

“Saya bahagia sekali secara resmi melakukan penerbangan pertama di Kertajati dan Alhamdulilah dengan suatu volume yang relatif baik untuk 1 bandara pertama kali yaitu 20 take off-landing. Ini suatu volume yang banyak apalagi okupansinya 80%,” kata Menhub, kemarin.

Sebagai bandara nomor dua terbesar di Indonesia setelah Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Kertajati juga akan melayani keberangkatan dan kedatangan dari haji dan umroh. Sehingga bandara ini memiliki dua fungsi yakni untuk pariwisata dan melayani jemaah haji dan umroh. Apalagi, Jawa Barat merupakan provinsi dengan populasi jemaah umrah dan haji yang paling besar di Indonesia.